Jumat, 02 Maret 2012

pengantar ekonomi pembangunan




perekonomian masyarakat di dekat tempat wisata


 Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total danpendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan pendudukdan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara.Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi, pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi,  dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi. 

Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi  suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi

Ekonomi di indonesia sangat lemah, kita sangat bangga dengan berbagai macam aneka ragam kebudayaan, ras, dan mempunyai banyak tempat untuk dijadikan tempat wisata. Kini tinggal bagaimana kita sebagai warga negara indonesia memanfaatkan semua itu untuk hal yang positif. Selama ini indonesia itu sangat terkenal  oleh seluruh dunia sebagai negara buruk perekonomiannya, buruk tentang korupsinya, pelanggaran HAM, kerusakan hutan, bencana alam, kemiskinan dan sebagainnya.
                 
            Sekarang bagaimana yang diatas atau pemerintah indonesia membangun semuanya, pemerintah juga jangan hanya mau enaknya saja dan tinggal duduk manis lalu makan uang rakyat dan korupsi. Namun juga harus menyiapkan berbagai infra struktur dan juga sumber daya alam yang handal untuk menghadapi perekonomian indonesia.
                               
              Saya sangat senang dengan pulau bali, pulau yang satu-satu nya mungkin sangat terkenal di seluruh pelosok dunia. Dengan pulau bali lalu nama indonesia begitu berharga dimata dunia dan wisatawan asing.  Tetapi mengapa hanya pulau bali yang terkenal, mengapa tidak seperti tempat lain di indonesia yang bisa dijadikan tempat wisata. Karna indonesia itu negara yang luas dan kaya akan sumber daya alam nya, Seharusnya bangsa indonesia bisa memanfaatkan SDA yang sudah ada menjadi tempat wisata.

               

  Kita patut berbangga terhadap Pulau Komodo yang terletak di nusa tenggara indonesia, Karna pada tahun 2012 ini pulau komodo menjadi 7 keajaiban dunia, kita harap seluruh dunia benar-benar mengakui bahwa pulau komodo adalah pulau harus kita jaga dan lindungi karna pulau komodo ada tempat dimana habitat komodo terbanyak dan terbesar diseluruh dunia. Dengan pemantauan kita semua terhadap pulau komodo, maka kita ikut serta dalam melestarikan pulau itu sendiri dan mesti kita semua ingat bahwa komodo juga perlu yang namanya tempat tinggal yang nyaman, jadi kita jangan hanya memanfaatkan pulau komodo sebagai tempat wisata tetapi kita harus memperhatikan, menjaga, memberi makan yang layak pada mereka, dan melindungi mereka agar tidak punah.
                
             Dengan adanya tempat wisata yang ada maka warga sekitar dan pemerintah dapat memanfaatkan tempat wisata itu dan memanfaatkan dengan baik. Dengan itu pula maka perekonomian penduduk yang ada di sekitar tempat wisata lebih maju dan tentram. Dengan tempat wisata pun maka kita kurangi yang namanya pengangguran.
               
             Mengapa terlalu banyak orang di indonesia itu membuka tempat wisata yang daerah nya sudah pada terkenal, padahal banyak tempat lain yang lebih indah dan terpencil.






by : yulan abdullah yusuf kelana

picture by google search bali, perekonomian, dan pulau komodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar